Penyelenggaran Asian Games 2018 didukung dengan berbagai teknologi keamanan untuk menangani masalah koordinasi dan komunikasi yang kompleks antara banyak pihak.




Qiscus–perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan teknologi real-time communication (RTC)–memberikan dukungannya secara penuh untuk pengimplementasian teknologi RTC ke dalam produk-produk untuk menunjang smart city, khususnya pada perhelatan akbar Asian Games 2018.

Dalam hal ini perusahaan menggandeng berbagai pihak, di antaranya smart city enabler, TNI, dan Polri di Indonesia.

Keberadaan puluhan ribu pasukan pengawas dari TNI dan Polri, serta luasnya area di berbagai titik Jakarta dan Palembang selama Asian Games 2018, membuat proses koordinasi dan komunikasi antarpetugas di lapangan ataupun command center menjadi rumit.

Kehadiran RTC dinilai dapat menyederhanakannya, memungkinkan seluruh petugas di lapangan berbagi informasi secara terpusat dan real-time, kemudian informasi tersebut ditampilkan dalam satu dashboard.

Secara ringkas dapat dijelaskan bahwa teknologi RTC adalah semua bentuk teknologi telekomunikasi yang memungkinkan orang dapat bertukar informasi dan berkomunikasi secara real-time.

RTC memungkinkan orang untuk berinteraksi secara langsung seperti halnya ketika individu bertatap muka. Penerapan teknologi RTC ini tentunya sangat universal, seperti halnya kebutuhan untuk berkomunikasi itu sendiri.

 

Tersentral ke Dalam Satu Dashboard

Didukung oleh teknologi berupa chat, video call, hingga video streaming, Qiscus menghadirkan sebuah perwujudan inovasi yang memungkinkan berbagai data dan informasi tersentral ke dalam satu dashboard. Memanfaatkan teknologi live streaming, operator dapat memantau setiap aktivitas di lapangan dengan lebih efektif dan efisien.

Delta Purna Widyangga, CEO sekaligus Co-Founder dari Qiscus, berharap teknologi seperti ini dapat menjadi solusi dari kebutuhan komunikasi yang melibatkan banyak pihak.

Menurut Delta, implementasi teknologi RTC saat ini memang sangat diperlukan di berbagai industri. Tak terkecuali dalam konsep smart city yang digadang-gadang menjadi salah satu tolok ukur kemajuan suatu wilayah atau kota.

“Kami mendukung dengan penuh penggunaan teknologi dalam produk-produk smart city,” ungkap Delta dalam keterangannya, Jumat (24/8/2018).

Hadir dalam platform mobile dan website, Delta berharap teknologi yang dikembangkan timnya dapat membantu merampingkan koordinasi dan komunikasi antara tim yang tersebar.

Tentu ke depannya, penggunaan teknologi RTC dalam produk-produk smart city dapat melampaui fungsi monitoring dan koordinasi dalam acara atau tim berskala besar, tetapi juga di banyak studi kasus. Sebut saja dalam koordinasi mitigasi bencana, koordinasi bantuan, dan masih banyak lagi.

“Seiring dengan nilai utama kami di Qiscus perihal kolaborasi, kami sangat terbuka dengan semua bentuk kerja sama produk atau bisnis dalam hal pengimplementasian teknologi RTC yang kami kembangkan,” pungkas Delta.

Source: Liputan6

Baca juga artikel menarik lainnya

Path Umumkan Tutup, Undang Haru Netizen

Path mengumumkan ditutupnya layanan tersebut. Dalam unggahan di aplikasinya, media sosial yang...

Urutan Kecepatan Internet 4G di Asia Tenggara

Untuk saat ini Singapura masih menjadi kota dengan koneksi internet tercepat di Asia Tenggara....

Apple Dirumorkan Adopsi TouchID untuk Layar iPhone

Sebuah kabar terbaru datang dari Apple, perusahaan teknologi raksasa tersebut dirumorkan akan...

Mobil Otonomos Apple Tertabrak, Uji Coba Gagal Total

Sebelumnya, pihak Apple tidak pernah langsung berkomentar terkait program mobil otonomosnya....

Kapan Mesin Teleportasi Manusia Siap Dirilis?

Meski terdengar seperti mengada-ada, para ilmuwan tampaknya optimis teknologi teleportasi bisa...

Apa Saja yang Diluncurkan Apple di Tanggal 12 September?

Pada tanggal 12 September 2018 mendatang, Apple akan mengumumkan peluncuran perangkat terbarunya...

Mengenal Teknologi Keamanan di Asian Games 2018

Penyelenggaran Asian Games 2018 didukung dengan berbagai teknologi keamanan untuk menangani...

Bos Apple Bakal Bertemu dengan Presiden Trump, Bahas Apa?

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melalui akun Twitter-nya mengumumkan dirinya akan makan...

Satelit Merah Putih Telah Resmi Mengorbit

Satelit Merah Putih telah meluncur ke angkasa bersama pesawat Falcon 9. Roket setinggi 70 meter...

Usia 21 Tahun, Mahasiswa Ini Kantongi Rp 800 Juta dari Jualan Online di Bukalapak

Sukses dalam berbisnis tak lagi memandang usia. Banyak pengusaha mudayang berhasil 'memetik buah...